Minggu, 25 Januari 2009

PHOTOGRAFI UNTUK PEMULA

Oleh Bilqis

Pagi itu pak Budi membawa sebuah kamera SLR Asahi Pentax di depan murid kls VII bilingual ditunjukkan pula contoh hasil jepretan nya. Wouw bagus banget, gambar kakak kelas sewaktu karya wisata ke Taman Safari . Menurut pak Budi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memotret. Pertama adalah cahaya, mengingat bahwa cahaya merupakan unsur utama dalam pembuatan gambar atau foto. Kedua adalah kemampuan lensa mengingat bahwa kekuatan lensa adalah alat utamanya membuat gambar/ foto. Yang ketiga adalah sudut pengambilan gambar(angle).

back light.
Jika hanya memiliki sebuah kamera seadanya sebisa mungkin hindari pemotretan yang menghadap ke sumber cahaya karena dapat menyebabkan obyek menjadi terlihat hitam. Untuk mengatasinya bisa gunakan lampu Blitz yang agak kuat dengan bukaan diafragma kecil.
Waktu pemotretan yang baik adallah ketika cahaya langit nampak merata: tidak dianjurkan memotret pada saat tengah hari bolong saat bayang bayang jatuh tepat tegak lurus.

Lensa
ada beberapa merk lensa yang ternama seperti misalnya Nikon pentax dsb. Hanya saja harganya cukup mahal. Kekuatan lensa dinyatakan dengan huruf f 1,2 f2.2 misalnya. Semakin kecil angkanya maka semakin bagus lensa tersebut. Pada umumnya tersedia tiga macam jenis lensa. Lensa tele dipakai untuk mendekatkan obyek yang terlampau jauh. Lensa normal untuk pemotretan biasa. Lensa sudut lebar atau wide angle berguna untuk merangkum sudut lebar menjadi menyempit, dengan kata lain mengecilkan obyek yg lebar menjadi kecil. Patut di ingat bahwa lensa tele maupun wide mempunyai kekurangan di samping kelebihan yg sudah disebut diatas yakni adanya cacat gambar atau distorsi.

Sudut Pandang
angle yang cantik bisa didapat dengan cara mengatur keseimbangan bidang gambar maupun komposisi nya. Lakukan latihan terus menerus untuk mengasah sense of art kita. Penggunaan kamera tanpa film seperti kamera pada hp sangat membantu untuk latihan ini. Karena hasilnya bisa langsung dilihat tanpa harus menunggu cuci cetak alias hemat waktu dan biaya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar